Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Khamis, 9 Ogos 2012

Julukan Kota Kembang Dulunya Milik Parongpong




BANDUNG - KECAMATAN Parongpong di Kabupaten Bandung Barat akan segera menjadi daerah tujuan wisata utama baru di Bandung Barat selain Lembang. Daerah yang selama beberapa waktu sempat hanya menjadi tempat bercocok tanam ala kadarnya, kini mulai kembali berkembang menjadi kawasan bunga.

Parongpong memang sangat tepat disebut sebagai kawasan wisata bunga, karena hampir di sepanjang jalan kecamatan ini terlihat berbagai tanaman bunga yang dikembangbiakkan.

Berbagai jenis tanaman bunga bisa kita temui di Parongpong mulai dari tanaman hias seperti adenium, philodendron, wave of love, jemani, kaktus, hingga bunga potong seperti mawar dan sedap malam. Bahkan, sekitar 80 persen warga Parongpong merupakan para petani bunga.

Keunggulan Parongpong yang hampir seluruh wilayahnya terdiri dari hamparan kebun bunga juga ditunjang oleh sejumlah lokasi wisata eksotik yang berdiri di wilayah dataran tinggi itu. Sebut saja Curug Panganten, Kampung Gajah, Kampung Daun, Sapu Lidi, lokasi wisata berkuda, hingga perkebunan stroberry yang banyak tersebar di sepanjang jalan utama.

Namun guna terus meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah Parongpong, para pelaku wisata di daerah tersebut berupaya untuk memberikan nilai tambah agar lebih memiliki kekhasan dibanding kawasan wisata lainnya. Tak tanggung-tanggung, ke depan Parongpong siap mendeklarasikan diri sebagai kota wisata bunga dan handycraft serta kesenian.

Berbagai padepokan seni tari, pencak silat hingga teater bahkan sejak jauh-jauh hari sudah berdiri. Ratusan siswa dan anak-anak pun sudah terdaftar menjadi anggota berbagai padepokan tersebut. Bahkan tak sedikit dari padepokan di Parongpong yang telah meraih berbagai prestasi di Kota Bandung dan Jawa Barat.

"Kita bukan hanya mengejar juara, tapi yang kita tanamkan adalah bagaimana anak-anak itu benar-benar menguasai kesenian. Kalau juara kan bisa saja dibeli," ujar Abah Nanu, pemilik Padepokan Kalang Kamuning, di Desa Cihideung, Kecamatan Parongpong, KBB, Rabu (8/8/2012).

Sebagai langkah awal pihak kementerian menggelar berbagai kegiatan workshop dan pelatihan bagi masyarakat. Salah satunya yakni workshop bagi para perajin anyaman bambu dan wayang golek. Workshop ini diikuti oleh puluhan peserta dari sejumlah desa seperti Desa Cihideung, Mekarmukti dan Cihampelas.

Pembina Padepokan Kalang Kamuning, Erni Rusyani Ernawan, mengatakan dukungan semua pihak terutama dari pemerintah daerah akan semakin membantu terhadap tercapainya tujuan Parongpong menjadi kawasan wisata bunga plus.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular