Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Ahad, 28 September 2014

Seks Pranikah Dikalangan Pelajar di Melawai Meningkat


MELAWI - Seks pra nikah di kalangan pelajar ternyata bukan hanya terjadi di kota-kota besar di Indonesia, kondisi serupa juga sudah melanda hampir sebagian besar pelajar di Kabupaten Melawi, bukan hanya di tingkat SMA namun juga pada pelajar SMP.

 “Dari hasil penelusuran yang kami lakukan, memang hasilnya cukup mencegangkan, sejumlah pelajar banyak yang terlibat dalam seks pra nikah, mulai dari SMA sampai tingkat SMP,” kata kepala dinas kesehatan Melawi Simson belum lama ini.

 Simson mengatakan, fenomena itu tentu saja sangat mengejutkan. Bukan hanya akan menimbulkan permasalahan sosial, namun juga bisa menjadi penyumbang angka kematian ibu dan anak. Karena sedikit mereka yang kemudian mengalami hamil, sementara usianya masih rlatif muda.

 “Resiko kehamilan untuk usia dini ini sangat besar, apalagi kalau mereka hamilnya tidak diinginkan, karena akan ada upaya sang ibu untuk menggugurkan dengan obat-obatan atau bahan ramuan dari jamu,  nah ini resikonya sangat besar,” kata Simson.

 Untuk menanggulangi persoalan tersebut, kata Simson, pihaknya sudah memberikan penanganan kesehatan reproduksi remaja yang dilakukan di puskesmas. Di sana mereka bisa berkonsultasi dan memeriksakan kesehatan yang berkaitan dengan reporduksi.

 “Sasarannya ini memang kalangan pelajar yang mengalami hamil dini, atau persoalan reproduksi. Karena memang mohon maaf, untuk Kabupaten Melawi ini angka kehamilan dini untuk anak sekolah sedikit mengalami peningkatan,” katanya.

 Kepala puskesmas Nanga Pinoh, Sien Setiawan mengakui ada trend peningkatan kehamilan dini di kalangan pelajar. Untuk itu pihaknya kini menyediakan klinik remaja di puskesmas yang dimpimpinnya.

 “Sebenarnya klinik remaja ini sudah ada sejak lama, namun fakum karena mungkin masyarakat masih malu, namun sekarang ini sudah mulai ada yang memanfaatkannya. Baik melalui SMS ataupun inbok di facebook,” kata Sien.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular