Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Isnin, 25 Oktober 2010

Dua Desa di Mentawai Diterjang Tsunami

Titik gempa tektonik berkekuatan 7,2 SR di 78 km Barat Daya Pagai Selatan Mentawai sumatera Barat, dengan kedalaman 10 km, Senin (26/10/2010).


PADANG, KOMPAS.com - Dua desa di Kecamatan Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat diterjang gelombang tsunami pascagempa 7,2 SR yang melanda daerah itu, Senin (25/10/2010) malam pukul 21.42 WIB. Ketua Badan Penanggulangan Bencana Wilayah Kecamatan Pagai Selatan, Joskamatir, Selasa, mengatakan, dua desa tersebut adalah Desa Malakopak dan Desa Sinakak.

"Lima menit pascagempa air laut langsung pasang dan merendam sejumlah rumah di dua desa tersebut," ujarnya. Ia menjelaskan, air pasang hingga 100 meter ke daratan dengan ketinggian mencapai 2,5 meter. Belum ada laporan korban jiwa dalam peristiwa itu. "Saat ini kita masih mengumpulkan laporan terkait jumlah kerusakan akibat bencana tersebut," katanya.

Sementara Supri Lindra, salah seorang warga Desa Sikakap, Kecamatan Pagai Utara, mengungkapkan, satu dermaga di kawasan tersebut juga hancur dihantam gelombang.
Selain itu, ratusan rumah juga terendam air bahkan satu rumah dilaporkan hancur pada bagian depan.

Menurutnya, perumahan warga di daerah itu hanya berjarak 50 meter dari bibir pantai.
Berdasarkan informasi yang diperoleh dari warga, gelombang pasang juga menghantam desa Betumonga, Kecamatan Pagai Utara. Namun belum ada keterangan resmi dari pihak yang berkompeten.

"Saat ini warga masih banyak yang mengungsi, tetapi sebagian sudah kembali ke rumah mereka masing-masing dan membersihkan bekas-bekas genangan air," katanya.

Sebagian warga juga memilih bertahan di tempat pengungsian seperti di sekolah, di gereja, di mushalla dan tenda-tenda yang telah mereka siapkan pada 2009 sebagai tempat pengungsian jika terjadi tsunami. "Warga juga ada yang bertahan di perbukitan setinggi 40 meter," katanya.

Gempa berkekuatan 7,2 SR yang mengguncang Sumatera Barat Senin malam berpusat pada 3.61 LS - 99.93 BT dan berkedalaman 10 kilometer. Gempa berlokasi pada 78 kilometer Barat Daya Pagai Selatan, Mentawai, Sumatera Barat.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular