Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Rabu, 27 Oktober 2010

MENARIK: Indonesia Lebih Korup Ketimbang Malaysia



BERLIN- Jakarta Indeks Persepsi Korupsi 2010 yang dirilis Transparency Internasional menunjukkan, Indonesia ternyata lebih korup ketimbang Negeri Jiran Malaysia. Berdasarkan riset Transparency Internasional (TI), Indonesia berada pada peringkat ke-110 dengan skor 2,8. Hal tersebut berarti, Indonesia sejajar dengan negara yang sumber dayanya jauh di bawah. Seperti Benin, Bolivia, Gabon, Kosovo dan Kepulauan Solomon. Indonesia berada satu titik di bawah kelompok negara-negara terkorup.

Indonesia bahkan lebih korup dibandingkan negara-negara yang situasi dalam negerinya tidak atau belum stabil. Seperti Sri Lanka (91) yang berusaha membangun negeri setelah mengalahkan pemberontakan selama 30 tahun, Thailand (78) yang bergejolak dengan unjuk rasa, Meksiko (98) yang susah payah memerangi narkoba, hingga Cina (78) yang sempat menyandang gelar terkorup.

Sementara Malaysia, berada pada peringkat 56 dengan skor 4,4. Negeri Jiran ini disejajarkan dengan Namibia dan Turki. Serta berada pada satu kelompok dengan Arab Saudi, Jordania, Kuwait, Afrika Selatan, Ghana, Samoa, Rwanda, Kroasia, Bahrain, Hungaria, Republik Chechnya, Latvia, Slovakia dan Makedonia.

Secara keseluruhan, indeks ini menunjukkan hanya tiga perempat dari 178 negara terdata yang memiliki skor di bawah lima. Hal ini mengindikasikan masalah korupsi yang serius. “Harus ada perbaikan governance dari seluruh dunia,” kata Kepala TI Huguette Labelle.

“Membiarkan korupsi berlanjut itu tak bisa diterima, terlalu banyak orang miskin dan lemah yang terus menderita konsekuensi korupsi di seluruh dunia,” katanya.

Ada tiga negara yang sama-sama meraih skor 9,3 yang artinya merupakan negara-negara yang paling rendah tingkat korupsinya, yakni Denmark, Selandia Baru dan Singapura. Diikuti kemudian oleh Finlandia, Swedia, Kanada dan Belanda.

Sedangkan negara yang paling korup tahun ini adalah Somalia dengan skor 1,1. Selanjutnya adalah Myanmar dan Afghanistan yang sama-sama menempati peringkat kedua negara terkorup di dunia.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular