Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Isnin, 13 Oktober 2014

14 Remaja di Mojokerto Hamil di Luar Nikah



MOJOKERTO - Data terkini menyebutkan, ada setidaknya 14 remaja di Kota Mojokerto dalam keadaan hamil di luar nikah. Kehamilan yang tak dikehendaki. Rata-rata, mereka ini masih berstatus pelajar. Namun  masyarakat, orang tua, sekolah, dan pemerintah tak boleh sekadar prihatin apalagi berdiam diri melihat realita ini.

"Ini tugas semua menghentikan tren pergaulan bebas. Saya juga kaget, dari tahun ke tahun, angka hamil yang tak dikehendaki di kota ini cukup tinggi. Sampai September tahun ini, menurut data yang kami peroleh, ada 14 remaja hamil di luar nikah," ucap Wali Kota Mojokerto Mas'ud Yunus di hadapan finalis Duta Kesehatan Remaja, Rabu (8/10/2014).

Wali kota membeber data dari tahun ke tahun, tren jumlah remaja yang hamil di luar nikah. Pada 2012 jumlah hamil tak dikehendaki sebanyak 17 anak. Kemudian 2013 jumlahnya menurun menjadi 14. Namun trennya kembali tak beranjak. Sampai September kemarin, ada 14 remaja ditemukan hamil.

"Saya termasuk yang berharap banyak, dengan dipilihnya Duta Kesehatan Remaja nantinya harus bisa menurunkan angka kehamilan anak sekolah. Menurunkan angka penyalahgunaan narkoba, dan memaksimalkan UKS untuk kesehatan reproduksi. Jadi tak sebatas juara harus memberi dampak manfaat pada lingkungan," kata Mas'ud.

Tak ingin pergaulan bebas itu makin marak, Dinkes Kota Mojokerto memiliki cara unik memagari remaja menjadi korban pergaulan dan seks bebas. "Salah satunya kami menggelar Duta Kesehatan Remaja, untuk mengajak remaja tak larut dalam pergaulan bebas," kata Kepala Dinkes Kristiana Indah Wahyu.

Dinkes memberdayakan kader-kader kesehatan di seluruh Puskesmas, untuk memantau para remaja yang masih berstatus pelajar. Terutama sekolah di jenjang SMA. Mereka dijaring dan berkompetisi di bidang kesehatan dan diadu kecerdasan sosial, sebelum dijadikan Duta Kesehatan.

Juri akhirnya menetapkan Aldy Prawira Nugraha dari SMAN 1 Mojokerto sebagai juara pertama kelompok putra, dan Olivia Wibisono dari SMA Tunas Harapan dari kelompok putri. "Saya harus memberi contoh dulu. Namun saya harus bisa mengajak teman-teman sekolah, tak merokok. Kemudian membujuk teman-teman agar tak terpengaruh pergaulan bebas," ucap Aldy yang mendapat piala dan uang tabungan.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular