Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Ahad, 26 Januari 2014

Banyumas Daerah Yang Paling Parah Terkena Dampak Gempa Kebumen


BANYUMAS - Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas jumlah rumah yang mengalami kerusakan akibat gempa berkekuatan 6,2 skala richter (SR) di lepas pantai barat daya Kebumen, Jawa Tengah terus bertambah. Kini jumlahnya sudah menjadi 147 unit.

“Data kemungkinan akan terus bertambah karena belum semuanya masuk,” kata Kepala BPBD Banyumas, Prasetyo Budi Widodo, Minggu (26/1/2014).

Menurut dia, pada Sabtu siang laporan kerusakan baru mencapai 88 rumah. Jumlah tersebut terus bertambah hingga minggu siang ini. Saat ini ada 10 Desa di empat Kecamatan yang terkena dampak gempa Kebumen. Total ada 147 unit rumah rusak, belum termasuk bangunan lainnya seperti sekolah dan tempat ibadah.

Berdasarkan data yang dikumpulkan, di Kecamatan Pekuncen sebanyak 125 rumah mengalami rusak berat dan ringan yang berada di Desa Tumiyang, Kranggan, Pasiraman, Karangklesem, Cikembulan, dan Desa Candinegara. Untuk Kecamatan Karanglewaas sebanyak 16 unit rumah rusak, yakni Desa Sinyalangu sebanyak 15 rumah rusak dan Desa Babakan 1 rumah rusak. Di Desa Melung Kecamatan Kedungabanteng 3 rumah rusak. Serta Desa Nusamangir Kecamatan Kemranjen sebanyak 3 rumah rusak.

“Data ini belum termasuk bangunan rumah ibadah dan sekolah yang ikut mengalami kerusakan,” jelasnya.

Sementara menurut Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Banjarnegara, Ahmad Lani mengatakan, kedalaman gempa yang hanya 48 kilometer menyebabkan getaran terasa kuat dan menyebabkan kerusakan.

“Gempa ini masuk kategori gempa dangkal sehingga banyak rumah mengalami kerusakan,” ujarnya.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular