Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Isnin, 30 Ogos 2010

Rupiah Juga Melorot



JAKARTA, KOMPAS.com - Kurs rupiah terhadap dollar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Selasa pagi turun tajam, karena pelaku berlanjut melepas rupiah karena mereka makin khawatir dengan situasi ekonomi global yang memburuk.

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS turun 30 poin menjadi Rp 9.035-Rp 9.045 per dollar dibanding penutupan hari sebelumnya Rp 9.005-Rp 9.015.

Direktur Currency Management Group, Farial Anwar di Jakarta Selasa mengatakan, rupiah masih akan terkoreksi hingga mencapai level Rp 9.100 per dollar, karena kekhawatiran atas ekonomi global makin meningkat. "Pelaku pasar khususnya asing terus melepas rupiah dan membeli dollar AS karena dinilai merupakan mata uang asing yang cukup aman untuk investasi," katanya.

Rupiah, menurut dia masih terkoreksi pada Selasa siang, karena faktor negatif pasar makin kuat, meski di pasar internal tidak ada masalah. "Kami memperkirakan pada siang nanti rupiah masih akan terkoreksi, sehingga posisinya makin mendekati angka Rp 9.050 per dollar," ucapnya.

Ia juga mengatakan, posisi rupiah yang melemah saat ini seperti disengaja, karena pemerintah menginginkan mata uang lokal itu berada di atas Rp 9.000 per dollar.

Karena posisi rupiah di level tersebut akan mendorong produk Indonesia di pasar ekspor lebih berdaya saing. Pemerintah sendiri telah mematok nilai tukar rupiah pada 2010 sebesar Rp 9.200 per dollar, sedangkan pada 2011 lebih tinggi yakni Rp 9.300 per dollar.

"Jadi rupiah yang masih di bawah angka Rp9.100 per dolar dinilai masih cukup baik," ucapnya.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular