Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Ahad, 26 Jun 2011

Waralaba Malaysia Siap Ekspansi ke Indonesia





JAKARTA - Bisnis waralaba (franchise) Malaysia akan melakukan ekspansi ke pasar Indonesia. Hal ini disambut baik oleh Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu.

"Jadi intinya franchise Indonesia bisa juga berkembang di luar Indonesia, termasuk di Malaysia. Mungkin karena kesamaan dan kedekatan kultur dan selera konsumen, mungkin bagus ya. Sebaliknya di sini, mereka (Malaysia) juga ingin mengembangkan franchise Malaysia. Jadi ini kalau menurut saya sih bagian dari Program ASEAN, itu bagus lah ya," ungkap Mari, usai menghadiri rapat koordinasi sejumlah menteri terkait moratorium TKI dan penghematan anggaran 2011 di Kementrian Koordinasi Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin ( 27/6/2011 ).

Mari menyebutkan bisnis waralaba Malaysia yang akan mencoba berekspansi di Indonesia, yaitu produk spa dan beauty, termasuk pelayanan perawatannya. Saat ini, bisnis waralaba asal negeri Jiran yang telah banyak membuka cabang, yaitu roti Boy.

Namun, Mari menegaskan bisnis waralaba Indonesia juga banyak yang berekspansi ke luar Indonesia. "Kita juga mungkin saling belajar ya bagaimana mereka mengembangkan franchise. Kalau mereka itu cukup terstruktur, sampai dengan mempunyai perusahaan yang dibina oleh pemerintah," ungkapnya, yang menjelaskan pertemuannya dengan Menteri Perdagangan Malaysia beberapa waktu lalu, di Jakarta.

Jadi, lanjut Mari, pemerintah Malaysia itu memberi dana bagi franchise pemula agar dapat berkembang. "Kedua, yang kita bahas adalah mereka ingin belajar dari kita mengenai KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha). Karena mereka sedang menyusuin undang-undang persaingan yang sehat," tambahnya.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular