Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Jumaat, 31 Ogos 2012

Besok, Harga Gas Naik


Seorang petugas agen merapihkan tabung LPG 3kg di Jl. Mampang Prapatan, Jakarta,



JAKARTA - Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita Herawati Legowo memastikan harga gas di hulu dan hilir naik per 1 September 2012. Kenaikan harga gas di hulu akan direvisi sehingga tidak setinggi yang diharapkan karena pemerintah membagi beban kenaikan harga di hilir dengan di sisi hulu.

"Pokoknya ditanggung bareng. Pak Menteri sudah ada SK-nya," kata Evita ketika ditemui di Kementerian ESDM, Jumat, 31 Agustus 2012.

Hal ini dilakukan agar kenaikan harga di sisi hilir tidak terlalu membebani industri pengguna gas. Sebelumnya karena harga beli gas oleh Perusahaan Gas Negara (PGN) dari kontraktor kontrak kerja sama migas ada yang naik hingga 200 persen, PGN ingin menaikkan harga hingga 55 persen namun pemerintah hanya mengizinkan kenaikan 50 persen.

"Hulu dibebankan sedikit dari yang di hilir itu, tapi saya tidak ngomongin persennya ya," kata Evita.

Kepala Badan Pelaksana Hulu Kegiatan Usaha Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) R. Proyono mengatakan mundurnya kenaikan harga gas dan perubahan besaran kenaikan ini akan mempengaruhi penerimaan negara. Priyono mengatakan target penerimaan negara dari gas bumi sebesar Rp 47,5 triliun sudah dengan asumsi kenaikan harga.

"Kalau itu diubah, apakah nanti kewajiban kami untuk menyetor jadi tidak terpenuhi. Ini mudah-mudahan menjadi perhatian pemerintah, karena kenaikan harga itu sudah kami asumsikan di APBN," kata Priyono.

Di sisi hilir, untuk tahap pertama harga jual gas dari PGN akan naik sebesar 35 persen pada September 2012. Kenaikan tahap ke dua sebesar 15 persen akan dilakukan pada April 2013, sehingga total kenaikan harga jual mencapai 50 persen.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular