Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Khamis, 27 Mei 2010

Edaran 4,200 Kondom Sebulan di Pekan Baru Indonesia

Kondom juga bisa membangun gairah dan sensasi bercinta, asal ukuran dan bentuknya tepat.



PEKANBARU, KOMPAS.com - Saat ini terdapat sedikitnya 35 gerai (outlet) kondom yang beroperasi tersebar di beberapa tempat strategis di Pekanbaru. Hal ini diungkapkan staf Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Pekanbaru, Dede Hermania, di Pekanbaru, Kamis (27/5/2010).

"Outlet tersebut terlebih dahulu di survei oleh sejumlah LSM mengenai potensi penyebaran AIDS. Baru kemudian ditetapkan daerah tersebut sebagai outlet kondom," jelas perempuan yang akrab disapa Dede ini.

Dede menyebutkan beberapa tempat tersebut seperti penginapan, warung kopi maupun pangkalan truk dijadikan gerai kondom. "Pada tahun sebelumnya, hanya terdapat 22 outlet kondom, namun pada tahun ini meningkat menjadi 35. Hal ini berdasarkan tingginya potensi penyebaran HIV/AIDS di Pekanbaru," kata dia.

Menurut dia, kondom tersebut tidak diperjualbelikan. Namun untuk warga yang mampu dikenaan biaya Rp500, itupun jika mereka ingin membelinya. Sasaran utamanya adalah PSK dan kaum lelaki "hidung belang".

"Setiap pekan di Pekanbaru, setiap outlet rata-rata menghabiskan hingga mencapai 30 kondom. Jadi kira-kira dalam sebulan menghabiskan sekitar 4.200 kondom baik yang untuk perempuan dan laki-laki," kata dia.

Jumlah ini meningkat dibandingkan pada tahun sebelumnya, yang sebulannya hanya menghabiskan sekitar 2.000 kondom. Kondom tersebut merupakan bantuan dari Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN), yang diberikan pada KPA disetiak Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

"Meski demikian, masih banyak juga masyarakat yang malu menggunakan kondom dan akhirnya melakukan seks beresiko. Pihak KPA berupaya terus untuk menggalakkan sosialisasi penggunaan kondm ini," tutup dia.

Data KPA menyebutkan hingga Maret 2010, terdapat 130 penderita AIDS yang terdeteksi di Pekanbaru. Jumlah ini merupakan terbesar di seluruh Riau.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular