Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Ahad, 30 Mei 2010

Karimun Jadi Pusat Perdagangan Manusia

( Foto hiasan )



KARIMUN--MI: Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), rawan kejahatan perdagangan orang, karena merupakan kawasan perbatasan yang dilintasi manusia antarnegara.

''Karimun merupakan kawasan padat lalu lintas orang dari dalam maupun luar negeri. Kondisi tersebut rawan terjadinya tidak pidana perdagangan orang,'' kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kepulauan Riau I Gede Widiartha.

Ia mengatakan itu seusai serah terima jabatan Kepala Kantor Imigrasi Karimun dari Teguh Prayitno kepada Tjutju Purnama di Kantor Imigrasi Karimun, Sabtu (29/5).

Menurut I Gde Widiartha, modus tindak pidana yang sering disebut 'trafficking in person tersebut dapat terjadi dengan cara memanfaatkan jasa pengiriman tenaga kerja ke luar negeri.Trafficking dapat terjadi pada orang dewasa dan anak-anak dengan motif bekerja di luar negeri tanpa mendapatkan upah yang layak.

''Sebagai instansi yang mengawasi lalu lintas orang di pintu masuk harus punya peran besar mencegah kejahatan tersebut,'' katanya.

Ia berharap kepada pejabat Kepala Imigrasi Karimun yang baru agar menjalin kerja sama lintasinstansi untuk mempersempit ruang gerak pelaku trafficking.

''Pencegahan kejahatan tersebut tidak dapat dilakukan sendirian, tetapi menjalin kerja sama yang sinergis dengan aparat penegak hukum,'' ucapnya. Selain trafficking, ia menambahkan, harus diwaspadai pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) secara ilegal.

Di tempat yang sama, pejabat Kepala Imigrasi Karimun yang lama, Teguh Prayitno mengharapkan pejabat baru dapat melanjutkan upaya deteksi dini tindak kejahatan tersebut.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular