Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Ahad, 28 Mac 2010

Perbankan Indonesia Terendah Di Asia ??


JAKARTA, KOMPAS.com — Rata-rata modal inti perbankan nasional tergolong terendah di kawasan ASEAN. Ini menyebabkan kontribusi perbankan nasional terhadap perekonomian relatif lebih rendah dibandingkan dengan negara lain. Dibutuhkan revitalisasi industri perbankan agar bank nasional bisa setara dengan bank lain di kawasan.

Berdasarkan data Bank Indonesia akhir 2009, rata-rata modal inti perbankan nasional Rp 2,02 triliun. Dari 121 bank yang beroperasi di Indonesia, hanya 23 bank yang modalnya di atas Rp 2,02 triliun, sementara 98 bank di bawah rata-rata nasional.

Direktur Penelitian dan Pengaturan Perbankan Bank Indonesia Halim Alamsyah, akhir pekan lalu di Jakarta, menjelaskan, meski rata-rata rasio kecukupan modal (CAR) industri perbankan nasional tinggi, yakni 17 persen, apabila dibandingkan dengan negara lain, rata-rata modal inti perbankan Indonesia merupakan yang paling rendah.

Rata-rata modal inti perbankan Singapura, misalnya, setara dengan Rp 42,9 triliun, Thailand Rp 10,07 triliun, Malaysia Rp 7,39 triliun, dan Filipina Rp 2,17 triliun. Untuk seluruh kawasan ASEAN, rata-rata modal inti bank setara dengan Rp 12,86 triliun.

Minimnya modal, menurut Halim, membuat kontribusi perbankan nasional terhadap perekonomian relatif kecil. Porsi aset perbankan terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia sekitar 40 persen. Bandingkan dengan Singapura yang sebesar 127 persen, Malaysia 103 persen, Thailand 82 persen, dan Filipina 49 persen.

"Untuk mendorong peran perbankan nasional, peningkatan modal yang berkualitas mutlak diperlukan," kata Halim.

Direktur PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk Bien Soebiantoro mengatakan, belakangan banyak bank yang menerbitkan obligasi subordinasi untuk menambah modal. Selain untuk memperkuat fondasi keuangan, juga untuk memenuhi ketentuan baru BI, antara lain, perhitungan risiko operasional dalam CAR.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular