Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Rabu, 28 April 2010

261 Pengidap HIV/AIDS Ada di Medan

( Foto hiasan )



MEDAN-Sejak Januari hingga Maret 2010 ada 261 kasus positif HIV/AIDS di Kota Medan. Data tersebut didapat dari beberapa voluntary conselling and testing (VCT) yang ada di Kota Medan.

Project Officer Global Fund-AIDS Sumatera Utara, Andi Ilham Lubis mengatakan, 261 penderita HIV/AIDS positif itu berasal dari 2.468 jumlah kunjungan selama tiga bulan. Pada Januari dari 722 jumlah kunjungan, 99 diantaranya positiv HIV/AIDS, Februari dari 868 jumlah kunjungan 97 diantaranya positif HIV/AIDS dan pada bulan Maret dari 878 jumlah kunjungan 65 diantaranya positiv HIV/AIDS.

“Dari data itu 45 orang menggunakan anti retroviral (obat bagi pengidap HIV/AIDS),” sebutnya.
Menurutnya, penemuan kasus tersebut masih pada hitungan akhir maret, sedangkan April kemungkinan besar masih banyak ditemukan kasus yang baru, mengingat perkiraan 100 berbanding 10, atau dari 100 pengunjung yang datang sepuluh diantaranya ditemukan positif HIV/AIDS.

Untuk VCT Rumah Sakit Pirngadi Medan pada bulan April 2010 ditemukan kasus baru sejumlah 14 orang positif HIV/AIDS dari 108 jumlah pengunjung. Dimana 8 diantaranya adalah laki-laki dan 6 perempuann
“Bahkan dari temuan kasus tersebut jumlah usia produkti adalah temuan paliang besar yang mengidap HIV/AIDS positif yaitu usia 25-49 tahun,” katanya.

Tingginya anggka penderita, kata Andi, suatu hal yang wajar mengingat setiap tahunnya terdapat klinik-klinik VCT yang baru di beberapa daerah. Untuk VCT yang berbasis RS di beberapa dareah di Sumatera Utara mencapai 12 VCT. Sedangkan berbasis puskesmas atau klinik mencapai 8 unit.

“Kita hanya mampu melatih, kita tidak bisa lagi membangun fisik, karena otonomi daerah,” ujarnya. Kesehatan kan hak semua rakyat, pemerintah berkewajiban mendirikan layanan, karena itu adalah tugas pemerintah dalam memfasilitasinya. Sehingga semakin banyaknya fasilitas akan membantu menambah temuan-temuan baru yang pastinya akan lebih memudahkan dalam menanggulangi permasalahan HIV/AIDS di Sumut,” ujar Andi.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular