Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Khamis, 6 Mac 2014

Tiga Bayi dan Satu Balita Dideportasi Dari Malaysia

Sejumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dideportasi pemerintah Negeri Sabah Malaysia melalui Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara, Jumat (14/2/2014).

BATAM - Tiga bayi, satu balita dan 12 orang perempuan dewasa dideportasi dari Malaysia melalui Pelabuhan Internasional Batam Centre, Kota Batam, Provinsi Kepri, Kamis (6/3/2014) petang.

"Semuanya 16 orang. Kondisi yang dewasa tidak sehat dan depresi. Ada yang baru 15 hari usai melahirkan, jahitannya belum kering, sekarang demam. Kami akan cek kesehatan mereka," kata Febriana dari Satgas Pendamping TKI Kementerian Sosial, Jumat (7/3/2014).

Sebelum dideportasi, sebagian di antara mereka memang mengalami perlakuan tidak mengenakkan dari majikan sehingga memilih melarikan diri ke Konsulat Jenderal RI Johor Bahru untuk meminta perlindungan..
  
"Ada yang mendapat tekanan fisik dan nonfisik. Ada juga yang diminta menggugurkan kandungannya namun menolak dan memilih lari, tidak dibayar gajinya," kata dia.

Anak-anak yang dilahirkan para TKI itu merupakan hasil hubungan tanpa status pernikahan resmi. Orang tuanya tidak memiliki dokumen pernikahan.

"Orang tuanya tidak memiliki dokumen pernikahan resmi. Saat dideportasi, bayi-bayi tersebut dibawa oleh ibunya," lanjutnya.
  
Rata-rata TKI tersebut berasal dari Nusa Tenggara Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sukabumi, Aceh, dan Lampung.

"Sekitar satu minggu mereka akan diinapkan di rumah singgah Dinsos sambil menunggu kondisi mereka membaik sebelum dipulangkan ke daerah asal melalui Jakarta," katanya.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular