Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Khamis, 31 Mac 2011

Kuburan di Purba Pea Raja Diduga Makam Raja Margolang III

FOTO: Ritual mencari kuburan Raja Margolang III, Selasa (29/3).





KISARAN-Tim Investigasi Sejarah Asahan (TISA) berhasil menemukan kuburan yang diduga makam Raja Margolang III di Kampung Purba Pea Raja, Desa Marjanji Aceh, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan, Selasa (29/3). Penemuan kuburan tersebut setelah terlebih dulu meminta jasa paranormal.

Ketua TISA Zasnis Sulung menuturkan, TISA merupakan wadah yang dibentuk Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP untuk mencari dan menelusuri jejak sejarah Asahan. Seperti, prasasti atau makam serta tempat tinggal yang pernah didiami orang yang diperkirakan pernah memiki kerajaan di wilayah Asahan, atau orang pertama yang pernah tinggal di tanah Asahan.

“Untuk menyempurnakan sejarah Asahan yang bisa diwariskan kepada anak-cucu kelak, maka langkah-langkah yang dilakukan menelusuri perjalanan orang-orang yang pernah berkuasa dan tinggal di wilayah Asahan atau orang yang pertama menginjakkan kakinya di bagian bumi Asahan. Tentu di antaranya termasuk Raja Margolang,” ujar Zasnis saat ditemui di kantor LBH Publiek Asahan-Tanjung Balai, Jalan Diponegoro Kisaran.

Diutarakannya, sejarah adalah peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lalu yang dijadikan sebagai cermin perbandingan masa sekarang dan akan datang. Sejarah harus didukung dengan data dan fakta, baik prasasti ataupun peninggalan lainnya.

Sejarah Asahan masih memerlukan banyak data dan fakta, sehingga menjadi sejarah yang dapat dijadikan pedoman. Untuk itu penelusuran harus dilakukan agar bukti dan fakta yang mendukung sejarah itu ditemukan.

TISA, sebut Zasnis, sedang menelusuri keberadaan Raja Margolang yang diketahui pernah memiliki kerajaan di Kecamatan Bandar Pulau dan Kecamatan Pulau Raja. Hal itu dibuktikan dengan adanya makam yang diduga Raja Margolang I, II dan III di wilayah Kecamatan Bandar Pulau, dan diduga makam Raja Margolang IV hingga XIII berada di wilayah Pulau Raja.

Penemuan makam yang diduga Raja Margolang III ini adalah berkat petunjuk dari seorang warga setempat bernama Abdul Manan Manik, yang baru saja meninggal dunia.
Lokasi makam tersebut berada persis di atas tanah Abdul Manan Manik atau di bawah rentangan transmisi lyne PLTA/Inalum.

Tadinya, Abdul Manan Manik menemukan pecahan-pecahan piring dan mangkok keramik buatan China dan gerabah tanah di atas makam tersebut.

“TISA mencoba menelusuri makam Raja Margolang III. Maka makam tersebut sesuai informasi yang dihimpun dari orang-orang tua, bahwa makam Raja Margolang III diduga berada di Desa Marjanji Aceh, tapi saat ditelusuri ke lokasi itu, ditemukan tumpukan makam pada beberapa titik. Ada makam yang sudah pakai nisan dan diperkirakan ini adalah makam warga yang beragama Islam.

Tapi ada tumpukan makam yang sama sekali tidak punya tanda, tapi memanjang lebih kurang 4 meter. Sedang bagian kepala diperkirakan berada di arah utara dan bagian kaki berada di arah selatan,” ungkapnya.

Kuburan yang pada titik yang tanpa nisan ini diperkirakan berusia 600-an tahun dan hidup pada tahun 1400-an. Kuburan itu tidak terurus dan ditumbuhi semak belukar.

Lalu di antara beberapa kuburan tersebut tidak diketahui yang mana kuburan Raja Margolang III. Oleh karena itu, terpaksa memakai jasa paranormal untuk memberi petunjuk sekaitan dengan keberadaan kuburan raja Margolang III.

Berdasarkan perkiraan sejarah, urai Zasnis, Raja Margolang III masih menganut paham animisme atau paham dinamisme. Mengenai paham yang dianut semasa hidup Raja Margolang III dapat dibuktikan dengan makam yang ada karena tidak ada tanda-tanda di atas pusaranya, baik nisan yang biasa dipakai di atas makam orang Islam atau Kristiani.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular