Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Sabtu, 28 Ogos 2010

Enam Nelayan Indonesia Masih Ditahan Malaysia??

( Foto hiasan )



REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Sebanyak enam nelayan tradisional asal Kelurahan Brandan Timur dan Kelurahan Sei Billah, Kecamatan Brandan Barat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, masih ditahan oleh Polisi Malaysia di Kedah, Malaysia, sejak 9 Juli 2010. Demikian keterangan pers Sekretaris Jenderal Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara) M. Riza Damanik yang disampaikan kepada pers di Jakarta, Sabtu.

Riza Damanik mengatakan nelayan yang masih ditahan, yaitu Zulham (40), Ismail (27), Amat (24), Hamid (50), Syahrial (42) dan Mahmud (42). Yang memprihatinkan, kata dia, Pemerintah Malaysia maupun Kedutaan Besar RI di Malaysia tidak memberikan informasi terkait status keenam nelayan asal Sumatera Utara tersebut.
Hal ini berbeda dengan tindakan bersama yang diambil oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad dengan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa saat melepas tujuh pencuri ikan asal Malaysia.

Sejak 2008, sudah lebih dari 50 nelayan tradisional asal Langkat mengalami persoalan serupa. Mereka dituduh memasuki wilayah laut Malaysia tanpa izin, tepatnya di kawasan Batu Putih, sekitar dua mil laut sebelum perbatasan laut Indonesia-Malaysia. Kiara berharap, Pemerintah Indonesia segera melakukan diplomasi untuk membebaskan keenam nelayan itu. "Keluarga keenam nelayan tersebut baru mengetahui informasi keberadaan kepala keluarga mereka dari TKI," katanya.

Hubungan Indonesia dengan Malaysia memanas dalam beberapa hari terakhir menyusul insiden saling tangkap di Perairan Bintan, Kepulauan Riau pada 13 Agustus 2010. Tiga petugas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menangkap tujuh nelayan Malaysia yang mencuri ikan di perairan tersebut.

Saat menggiring tujuh nelayan, Polisi Laut Malaysia kemudian menangkap tiga petugas KKP dan melepas tembakan peringatan. Ketiga petugas kemudian ditahan beberapa hari di Johor Malaysia sebelum akhirnya dilepaskan. Pada saat yang sama, aparat keamanan Indonesia melepas tujuh nelayan Malaysia. Aksi unjuk rasa di kedubes kedua negara terjadi beberapa hari terakhir.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular