Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Selasa, 31 Ogos 2010

Pembubaran Ahmadiyah Butuh Proses



JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan, proses pembubaran Ahmadiyah masih berlangsung sejak keluarnya SKB tiga menteri tahun lalu. Namun, ia mengakui prosesnya tak bisa cepat. Butuh proses bertahap.

"Pembubaran itu enggak serta-merta, ada prosesnya. Proses pertama dengan terbitnya SKB Mendagri, Menteri Agama, dan Jaksa Agung," ungkapnya seusai bertemu dengan pimpinan MPR RI, Selasa (31/8/2010).

Menurut politisi PPP ini, SKB tiga menteri merupakan rujukan yang paling kuat untuk pembubaran ormas yang dinilai telah menodai ajaran Islam oleh umat Islam.

Di dalam SKB, lanjutnya, larangan untuk mengembangkan ajaran Ahmadiyah diatur dengan tegas. Namun, soal waktu realisasi pembubaran Ahmadiyah, Suryadharma enggan merespons.

Suryadharma tak menampik akan ada protes yang berdasar pada argumen mengenai kebebasan beragama. Namun, sekali lagi dia menegaskan, kebebasan beragama adalah hal yang penting untuk setiap agama. Dengan catatan, tidak mengganggu kemurnian agama yang sudah ada.

Suryadharma hanya mengimbau agar umat Islam tidak bertindak anarki dalam menyikapi perbedaan-perbedaan yang ada. Koordinasi dengan aparat akan dibina bahwa Ahmadiyah yang malah mengganggu kerukunan umat beragama.

"Ini menjadi cikal bakal terjadinya perpecahan di tengah masyarakat, mendorong terjadinya konflik. Itu harus segera diselesaikan. Kerukunan beragama bukan berarti boleh menistakan agama lain. Kebebasan beragama juga enggak berarti bisa menistakan, melecehkan agama lain. Kekerasan atas nama agama atau yang lain, enggak bisa dibenarkan," tambahnya.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular