
JAKARTA - Industri musik Indonesia tengah dilanda kesulitan. Penjualan fisik seperti kaset dan CD album setiap tahunnya mengalami penurunan. Ditambah lagi, dengan maraknya aksi pembajakan kaset dan CD yang dilakukan oleh orang tak bertanggungjawab.
Kenyataan tersebut membuat Kentucky Fried Chicken (KFC), waralaba warung ayam cepat saji itu, tergerak untuk membangkitkan gairah musik Indonesia dengan mengadakan program "Million Club" dengan slogan 100% Original Music. Lewat program itu, KFC berupaya membangun komunitas artis musik Indonesia, baik yang tengah eksis maupun new comer.
Artis-artis tersebut nantinya didorong untuk mendapatkan promosi CD album mereka sendiri dengan target 500 ribu keping yang terjual selama tiga bulan. Target itu diharapkan memberikan motivasi kepada mereka untuk terus berprestasi sekaligus berkompetisi secara sehat melalui sajian albumnya.
Penyanyi Rossa merasakan dampaknya. Dalam kurun 3,5 bulan, ia berhasil menjual sekitar 1 juta keping CD albumnya. Prestasi itu terbilang luar biasa mengingat kondisi maraknya aksi pembajakan.
"Kaget sekali, karena dalam kurun waktu 3,5 bulan bisa terjual satu juta copy. Alhamdulillah, kita bersyukur sekali," ujarnya, Rabu, (21/3/2012), saat ditemui di KFC Kemang, Jakarta Selatan.
Sebagai penyanyi, bekas istri Yoyo, drumer Padi itu, berusaha semaksimal mungkin membuat karya yang dapat diterima oleh masyarakat. Ia juga mengompromikan supaya semua lagunya menjangkau setiap kalangan usia.
