Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Ahad, 30 Mei 2010

Pikat 180,000 Pelancong ke Medan 2010




MEDAN(SI) – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menargetkan kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara meningkat pada tahun ini.

Sejumlah agenda besar pun disiapkan untuk menarik minat wisatawan datang ke daerah ini. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provsu Eddy Syofian kepada Seputar Indonesia di Medan kemarin mengungkapkan, di antara ajang besar yang akan digelar di Sumatera Utara pada 2010 ini, lomba arung jeram di Kabupaten Asahan selama tiga hari, 9–11 Juli. Juga ada Pesta Bunga di Kota Berastagi,Karo,24 September, dan Pesta Danau Toba (PDT) selama empat hari,20–24 Oktober. ”Ajang ini digelar untuk menarik minat para wisatawan untuk datang ke Provinsi Sumatera Utara ini. Lagipula, objek wisata kita tidak kalah menariknya dengan di provinsi lain di Indonesia, bahkan dunia.

Di Sumut ini ada Danau Toba, kota dingin Berastagi, dan lainnya,” paparnya. Eddy mengungkapkan, berdasarkan data di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sumatera Utara, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sepanjang 2008 sebanyak 153.100 orang.

Angkanya meningkat pada 2009 menjadi 163.251 orang. ”Target kami (Pemprovsu) pada 2010 ini,tingkat kunjungan wisata ke Sumut bisa meningkat menjadi 180.200 orang,”tandasnya. Dia menambahkan, sejumlah duta besar dan para agensi wisata dari berbagai negara telah berkunjung ke Sumut.Mereka melihat berbagai objek wisata andalan Sumut. Mereka mengaku tertarik dengan potensi objek wisata yang ada.Bahkan, mereka berjanji akan mempromosikan objek wisata andalan yang dimiliki Sumut, yakni Danau Toba,Brastagi,dan lain-lain.

”Minggu lalu,Dubes Thailand untuk Indonesia juga datang ke Medan ini.Sebelumnya,Dubes RI untuk Belanda dan lainnya. Mereka juga mengaku tertarik dengan objek wisata Sumut.Bahkan,akan menjajaki hubungan kerja sama bidang pariwisata, seperti memasukkan Danau Toba dalam paket perjalanan wisata ke Phuket dan Penang,”paparnya.

Direktur Badan Promosi Pariwisata Daerah Sumut Tadjuddin Sukardi menambahkan, pihak agensi wisata yang baru saja datang berkunjung ke Badan Promosi Pariwisata Daerah Sumut,yakni General Manager Agence Pariwisata Republik Rakyat China (RRC) Tse Yam Ching. Inti pertemuan itu, kedua pihak sama-sama sepakat untuk mengembangkan pariwisata Sumut.

Tadjuddin menuturkan, Tse Yam Ching yang datang ke Medan bersamanya langsung melihat sejumlah objek wisata di Sumut, seperti objek wisata Danau Toba, Berastagi, Taman Simalem Resort,kawasan hutan Bukit Barisan.

Tadjuddin mengungkapkan,rata-rata tamunya, seperti Tse Yam Ching, mengaku terkesan dengan keindahan panorama objek wisata di Sumut tersebut.Kondisi alamnya yang masih hijau menjadi daya tarik tersendiri bagi turis asal China. ”Dia (Tse Yam Ching) menuturkan, sejak 1990-an,para wisatawan China tidak lagi mengunjungi kotakota besar untuk wisata berbelanja atau melihat peninggalan sejarah. Mereka sekarang lebih memilih berwisata ke objek wisata yang alamnya masih hijau dan alami.Objek wisata seperti ada Sumatera Utara ini,”tandasnya.

Alasan wisatawan asal China lebih memilih berwisata di tempattempat wisata yang alamnya masih hijau karena tekanan kerja di kotakota besar di China sangat tinggi.Akibatnya, tingkatstresmasyarakatjuga tinggi. Untuk menghilangkan tingkat stres dan kejenuhan itu,mereka harus melihat alam yang hijau dan asri tersebut. ”Karena itu, mereka sangat berkeinginan berwisata di Sumatera Utara dan Bali,”tandasnya.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular