Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Jumaat, 30 April 2010

AJI: Gaji Minimal Wartawan Rp 4,6 Juta



Liputan6.com, Jakarta: Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta menggelar survei untuk menetapkan standar gaji bagi seorang karyawan lajang yang baru saja diangkat menjadi reporter tetap. Dari hasil survei tersebut, nilai nominal yang diperoleh untuk upah layak 2010 berada di angka Rp 4,6 juta. Angka ini meningkat Rp 100 ribu jika dibanding hasil survei tahun sebelumnya.

Dalam rilis mereka, Jumat (30/4), peningkatan cukup signifikan terjadi pada komponen makan. Sementara peningkatan untuk komponen lain relatif lebih kecil. Meski demikian, kenaikan tersebut hanya berjumlah 2,1 persen. Jauh lebih rendah dibandingkan dengan tingkat inflasi 2010 yang dipatok di angka 5,7 persen.

Guna menetapkan gaji minimal tersebut, AJI melakukan survei terhadap sejumlah produk kebutuhan hidup di dua mini market, Indomart dan Alfamart, sejak dua bulan lalu. "Indomart dan Alfamart sengaja kami jadikan model lantaran gerai yang mereka miliki banyak tersebar di sekitar permukiman warga. Harga jual produk mereka pun relatif seragam," tulis AJI dalam rilis yang diteken Riky Ferdianto (Koordinator Divisi Serikat Pekerja) dan Umar Idris (Pjs. Ketua) itu.

Tapi tentu tidak semua kebutuhan dapat ditemui di kedua gerai tersebut. Beberapa kebutuhan lain seperti sandang dan kebutuhan elektronik disurvei dengan menyambangi sejumlah pasar tradisional dan pasar modern.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular