Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Selasa, 28 September 2010

Perebutan Warisan Berbuntut Pembongkaran Makam



SIDOARJO--MI: Satu makam di Desa Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (28/9), terpaksa dibongkar untuk kepentingan tes DNA terkait kasus perebutan warisan almarhum oleh dua pihak ahli waris yang bersengketa.

Makam yang dibongkar di pemakaman Islam Buduran tersebut adalah makam Yatini, istri pertama Mat Rais. Makam Yatini dibongkar untuk mencocokkan DNA-nya, apakah cocok dengan DNA Sunarjo Rais (ahli waris pertama) yang mengaku sebagai anak Yatini.

Pembongkaran makam ini dilakukan atas desakan dari pihak ahli waris kedua yang berselisih dengan pihak ahli waris pertama. Pembongkaran dilakukan guna mencocokkan DNA garis keturunan keluarga yang bersengketa atas warisan bangunan dan sebidang tanah senilai Rp15 miliar. Bangunan dan tanah tersebut terletak di Kelurahan Kaliwaron, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya.

Perebutan warisan bermula dari sengketa anak-anak Mat Rais. Mat Rais diketahui memiliki dua istri, yaitu Yatini dan Siti Maimunah. Di belakang hari, anak-anak dari dua istri Mat Rais berebut harta warisan senilai Rp15 miliar tersebut.

Rebutan harta warisan tersebut kemudian dibawa ke meja hokum. Pada awalnya, pihak ahli waris kedua memenangkan perkara tersebut di Pengadilan Negeri Surabaya pada 2007. Kemudian, ahli waris pertama mengajukan kasasi di Pengadilan Tinggi Jawa Timur yang kemudian memenangkan nya pada Juni lalu.

Dasar pihak pengadilan tinggi memenangkan kasus perdata pada ahli waris pertama karena ada bukti otentik bahwa pada KTP dan kartu keluarga tercantum nama Mat Rais. Atas putusan pengadilan tinggi tersebut, pihak ahli waris kedua kemudian ganti mengajukan peninjauan kembali ke Mahkamah Agung.

Sebagai bukti otentik ke Mahkamah Agung, pihak ahli waris kedua ini mendesak dilakukan
uji DNA. "Kami terpaksa melakukan pembongkaran makam demi mendapatkan keadilan hukum," kata Sunardi, penasihat hukum ahli waris kedua.

Selain makam Yatini, pembongkaran juga dilakukan terhadap makam Sunarjo di pemakaman Rangkah, Kecamatan Kenjeran, Surabaya. Rencananya, makam Mat Rais selaku cikal bakal keluarga bersengketa tersebut juga akan dibongkar. Makam Mat Rais terletak di Kabupaten Lamongan.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular