Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Rabu, 27 Oktober 2010

Siapa Pengganti Mbah Maridjan?

Mbah Maridjan



YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sri Sultan Hamengku Buwono X mengaku akan fokus terlebih dahulu menangani korban letusan Gunung Merapi. Saat ini belum ada rencana mencari pengganti Mbah Maridjan yang tugasnya menyiapkan acara rutin Keraton di Gunung Merapi.


"Belum ada niat untuk mencari pengganti Mbah Maridjan, karena masih fokus pada penanganan korban. Nanti kita carikan lagi penggantinya," ujarnya, saat diwawancarai wartawan, di RS Dr Sardjito, Rabu (27/10/2010) malam.

Menurut Sultan, Mbah Maridjan sulit diajak turun karena merasa punya tanggung jawab terhadap Gunung Merapi. Tahun 2006, Mbah Maridjan juga tidak mau turun dari lereng gunung dengan menjalankan tugas sebagai penjaga Merapi.

Sebenarnya, Sultan mengatakan bahwa Mbah Maridjan pada saat Gunung Merapi bererupsi kemarin sudah bersedia untuk dievakuasi. Namun Mbah Maridjan minta waktu untuk Sholat Magrib terlebih dahulu. Saat Sholat itulah, awan panas atau wedhus gembel menerjang kampung dan rumah Mbah Maridjan yang mengakibatkan belasan orang tewas di dekat kediaman Mbah Maridjan.

Sultan mengatakan, Mbah Maridjan bagaikan pasukan disersi kalau meninggalkan Merapi. Dia lebih baik meninggal daripada meninggalkan Merapi. Hal ini, bagi Sultan merupakan konsistensi dan kesetiaan Mbah Maridjan.

"Kalau harus meninggalkan Merapi itu seolah-olah meninggalkan tanggung jawabnya. Dia mengabdi pada tugas dan memilih mati dalam tugasnya itu apapun bahayanya. Dia teguh dalam prinsipnya," kata Sultan.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular