Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Isnin, 8 Oktober 2012

Ijazah S1 Palsu Rp 12 Juta


PALEMBANG - Ijazah sarjana S1 dan S2 yang diperoleh secara instan bertebaran di Sumatera Selatan (Sumsel). Bahkan ijazah palsu juga disinyalir sudah banyak beredar. Instansi pemerintahan dan perusahaan swasta diimbau memeriksa identitas pegawai dan segera melapor ke Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah II Sumatera Bagian Selatan.

Ijazah sarjana instan itu semakin mudah diperoleh. Tidak perlu kuliah bertahun-tahun, hanya dengan membayar biaya kisaran Rp 10 juta sampai Rp 20 juta dapat ijazah berikut transkrip nilai. Praktik curang ini diduga melibatkan orang dalam kampus dan oknum di kantor Kopertis.

Satu sindikat ijazah asli tapi palsu (aspal) bahkan memberi garansi uang balik 100 persen jika ijazah tidak selesai dalam waktu 14 hari kerja. Mereka secara agresif menawarkan jasa via online dan mematok harga.

Seorang karyawan di sebuah perusahaan swasta di Palembang secara terbuka menceritakan pengalamannya menggunakan jasa ini. Motif kecurangan didasari rasa malas dan tidak memiliki waktu untuk kuliah sesuai prosedur.

"Untuk naik jabatan diharuskan memiliki ijazah S1. Kalau mengikuti prosedur bisa lama mendapatkannya. Kebetulan ada orang yang menawari dan langsung diterima," ucapnya.

Disebutkan, ada dua cara untuk mendapatkan ijazah S1 yakni pemotongan masa kuliah sehingga hanya dikenakan biaya Rp 12 juta dan tidak melalui proses kuliah dengan biaya Rp 18 juta hingga Rp 19 juta.

"Lama kuliah itu diperkirakan lima tahun. Bisa dipangkas menjadi satu dan dua tahun dengan biaya Rp 12 juta. Saya waktu itu kuliah akhir pekan. Jadwal itu banyak dipilih oleh orang-orang yang sudah bekerja," tuturnya.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular