Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Rabu, 24 Oktober 2012

Naqsabandiyah Idul Adha hari ini



PADANG - Penganut tarekat Naqsabandiyah di Sumatera Barat (Sumbar) merayakan Idul Adha, 10 Zulhijjah 1433 Hijriah hari ini.

"Penetapan awal Idul Adha dilakukan melalui perhitungan metode hisab munjid atau melalui penanggalan yang sudah dilakukan selama turun temurun," ujar Edizon, salah seorang jamaah Naqsabandiyah di Surau Baitul Makmur, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Edizon, hari ini.

Dengan adanya keputusan itu, lebih dari lima ribu jamaah yang tersebar di Sumbar antara lain di Kota Padang, Kabupaten Solok Selatan, Pesisir Selatan dan Solok akan mengumandangkan takbir pada sejak Selasa, kemarin usai ibadah shalat Magrib.

"Sholat Id dilaksanakan pada Rabu pagi tadi, dan setelah itu dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban," ujarnya dan menambahkan bahwa pantia kurban di surau itu telah menyediakan dua ekor sapi dan seekor kambing untuk disembelih.

"Kami memiliki dasar dalam mentapkan Ramadhan, Idul Fitri, dan Idul Adha yang pada dasarnya mengacu pada Al Quran dan Hadis, jika ada perbedaan dengan keputusan pemerintah, bukan menjadi persoalan," katanya.

Ia menjelaskan, metode hisab munjid dilakukan dengan cara menghitung 360 hari dari awal Idul Adha tahun lalu. Demikian juga dalam penetapan awal Ramadhan dan Idul Fitri yang mengacu pada awal perayaan tahun sebelumnya.

Di Kota Padang, terdapat puluhan masjid dan mushala yang menjadi pusat peribadatan Jamaah Tarekat Naqsabandiyah. Di kota Padang, masjid dan mushalla tersebut tersebar di Kecamatan Pauh, Lubuk Kilangan, dan Lubuk Begalung. "Untuk di Kota Padang saja terdapat sekitar tiga ribuan jamaah," kata Edizon.

Sementara itu, ratusan jamaah An-Nadzir Mawang, Kelurahan Mawang, Kecamatan Bonto Marannu, Kabupaten Gowa akan menggelar salat Idul Adha, Kamis (25/10), lebih awal dari yang ditetapkan pemerintah.

Menurut ustad Lukman, juru bicara jamaah An-Nadzir, sebenarnya 10 Zulhijah 1433 Hijriah jatuh hari ini, sekitar pukul 10.00 Wita pagi tadi. Namun, pertimbangan waktunya sudah menjelang siang, maka salatnya ditunda hingga Kamis pagi besok. "Secara logika tidak mungkin kami salat hari ini sehingga salat Idul Adha itu kami tunda hingga dilaksanakan besok," kata Lukman.

Menurutnya, 10 hari yang lalu merupakan pergantian bulan antara Zulkaidah ke bulan Zulhijah, sehingga tepat hari ini jatuh 10 Zulhijah Idul Adha 1433 H.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular