Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Sabtu, 20 Oktober 2012

Calon Jamaah Haji Dipaksa Bayar Visa Rp 30 Juta



JAKARTA - Tidak hanya Ita yang kecewa lantaran tidak bisa menunaikan ibadah haji. Muhtadi (73), calon jamaah haji asal Pekanbaru, juga mengungkapkan kekecewaannya.

"Saya kecewa berat. Saya meminta uang saya kembali," kata Muhtadi saat ditemui di Hotel Mega Matra, Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur, Sabtu (20/10/2012).

Muhtadi mengungkapkan, kekecewaannya berlandaskan biaya keberangkatan yang mahal. Ia harus merogoh kocek sebesar Rp 185 juta. Apalagi, ia telah menabung cukup lama untuk memperoleh uang sebesar itu.

"Saya sudah nabung dari tiga tahun lalu, dari hasil panen kebun sawit saya," ujar Muhtadi, yang mengaku kesehariannya sebagai petani lahan sawit.

Bahkan, Muhtadi mengaku sempat diminta uang pengurusan visa sebesar Rp 30 juta. Tak tanggung-tanggung, permintaan itu dengan batas waktu 1x 24 jam.

"Persoalannya, itu seperti dipaksa, harus tambah 30 juta. Harus bayar malam itu juga. Terpaksa saya menggadaikan surat tanah dulu," tutur Muhtadi ditemani istrinya.

Hingga kini, sekitar 54 calon jemaah haji terpaksa harus menginap di Hotel Mega Matra, lantaran batal berangkat ke Tanah Suci. Beberapa dari mereka dijemput oleh keluarga dan kerabat. Di antara mereka yang dijemput, nampak ada yang menangis lantaran batal berangkat.

Sebelumnya, Ita, calon jamaah haji dari Pekanbaru, sangat kecewa. Sebab, ia sudah dua kali gagal menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular