Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Sabtu, 11 Mei 2013

Polres Amankan 95 Karung Gula Malaysia


MELAWI, -Sedikitnya 95 karung gula ilegal asal Malaysia berhasil diamankan jajaran polres Melawi dari gudang milik AK di Desa Sido Mulyo Kecamatan Nanga Pinoh. Penangkapan dilakukan setelah polisi mendapat informasi dari masyarakat beberapa hari lalu.

Kapolres Melawi AKBP Samuel Tandi Tondingrara didampingi kasat Reskrim AKP Joko Sulistiono mengatakan, penangkapan gula tersebut dilakukan pada Selasa (7/5) malam, satu hari setelah menerima informasi dari masyarakat.

“Untuk sementara ini gulanya langsung kita amankan di gudang polres, sementara tersangkanya belum kita lakukan penahanan, sebab kita masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menangani kasus ini,” kata kapolres kepada wartawan di kantornya Jumat (10/5/2013).

Kapolres mengatakan, dari hasil penyelidikan sementara tersangka  telah menunjukan dokumen pembelian gula, namun belum bisa dipastikan apakah dokumen tersebut legal ataupun ilegal, maka dari itu pihaknya masih harus melakukan pemeriksaan secara intensip.

“Kalau dokumennya tidak ada masalah ya kita bebaskan, namun kalau ternyata melanggar hukum ya kita pidanakan,” tandasnya.

Kata kapolres, dari keterangan tersangka gula tersebut dia dapatkan dari pedagang di Kota lain, kemudian ditampung di gudang. Gula tersebut kemudian dijual kembali di toko-toko secara eceran kepada pedagang lainnya.

“Ya bisa dikatakan dia ini agen gula di Melawi, kita belum tahu dapatnya dari mana, makanya kita masih terus telusuri kasus ini sampai selesai,” tandasnya.

Kapolres mengatakan, untuk menangani masalah peredaran gula ilegal asal Malaysia sejatinya bukan hanya tanggung jawab kepolisian saja. Melainkan juga tanggung jawab bea cukai dan dinas koperasi dan perdagangan.

“Kalau gula  masuk ke Melawi inikan sudah melewati beberapa Kabupaten, mulai dari Sanggau, Sekadau Sintang baru Melawi, harusnya Bea Cukai juga sudah melakukan pengawasan saat gula tersebut baru masuk ke perbatasan,” tegasnya.

Informasi di lapangan menjelang bulan ramadhan gula asal Malaysia mulai banyak terdapat di Kabupaten Melawi, gula tersebut diduga dibawa menggunakan truk kontainer kemudian di tampung di gudang di kawasan desa Sidomulyo

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular