Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Jumaat, 31 Disember 2010

Masalah Antaragama di Indonesia Belum Tuntas



Liputan6.com, Pontianak: Permasalahan antaragama di Indonesia hingga kini belum tuntas. "Dibutuhkan penyelesaian menyeluruh yang melibatkan tokoh-tokoh agama," kata Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin saat di Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (31/12).

Din mengatakan, "ketidakharmonisan" dalam hubungan antaragama adalah kelompok-kelompok radikal yang fundamentalis. Dari berbagai agama di Indonesia yang belum tuntas adalah antara Islam dan Kristen, sehingga perlu dilakukan dialog antaragama. Rencananya, ia mengadakan pertemuan dengan tokoh Kristen dunia pada Februari mendatang.

Sebelumnya, dilakukan pula inventarisasi pemahaman yang belum disepakati kedua pihak. Ia mencatat ada sejumlah pemahaman yang belum disepakati itu, di antaranya mengenai penyiaran agama dan pendirian rumah ibadah. "Nanti akan dibicarakan hingga tuntas saat Kongres Agama-agama Dunia pada Februari tahun depan," katanya.

Ia lebih memilih untuk mengedepankan dialog yang dialogis guna menuntaskan permasalahan-permasalahan tersebut. "Saya tidak ingin kalau bertemu dengan tokoh agama lain hanya terlihat basa basi, sebab permasalahan yang ada masih mendasar, belum tuntas," katanya.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular