Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Khamis, 30 Disember 2010

'Share' Siaran Final AFF 82,5 Persen!

Pemain Malaysia Mohd Safee (kiri) berhadapan dengan pemain Indonesia Zulkifli Syukur, dalam pertandingan putaran kedua final AFF Cup di Jakarta, Rabu (29/12/2010).



JAKARTA, KOMPAS.com — Hasil riset The Nielsen Company Indonesia menunjukkan, persentase orang yang menonton atau share siaran pertandingan Piala Suzuki ASEAN Football Federation (Piala Suzuki AFF) yang ditayangkan RCTI ketika laga final kedua mencapai 82,5 persen.

Sebelumnya, pada siaran laga final pertama antara Indonesia dan Malaysia pada 26 Desember 2010, share yang diperoleh hanya 69,9 persen. "Penontonnya di atas usia 5 tahun dari semua kelas ekonomi," ungkap Irawati Pratignyo, Managing Director Nielsen Audience Measurement.

Nielsen mendata berdasarkan survei kepemirsaan televisi di 10 kota besar di Indonesia. Beberapa masyarakat yang Nielsen survei adalah masyarakat Jakarta, Surabaya, Medan, Semarang, Bandung, Makassar, Yogyakarta, Palembang, Denpasar, dan Banjarmasin.

Arya Mahendra Sinulingga, Sekretaris Perusahaan MNC, mengatakan bahwa pertandingan sepak bola Piala Suzuki AFF mendapatkan sambutan yang luar biasa dari pemirsa televisi. Arya menyebut audience share dari siaran pertandingan bola timnas Indonesia itu mencapai 65 persen hingga 70 persen. "Menurut saya, sepanjang sejarah televisi swasta di Indonesia, pencapaian ini yang paling baik," ungkap Arya.

Jika dibandingkan dengan pertandingan sepak bola Liga Inggris yang juga disiarkan oleh RCTI, maka perbedaannya sangat jauh. Liga Inggris hanya mampu meraih audience share sekitar 19 persen hingga 25 persen di Indonesia.

Namun, Arya enggan buka-bukaan mengenai perolehan iklan yang berhasil dihimpun RCTI selama Piala AFF berlangsung. Yang jelas ia bilang, nilainya tidak signifikan terhadap total keseluruhan pendapatan iklan RCTI. "Karena siaran pertandingan itu hanya dilakukan sebanyak tujuh kali," ujarnya.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular