Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Selasa, 27 Disember 2011

Malaysia Masih Dominasi Kunjungan Wisata ke Jabar

Disparbud dan Ekonomi Kreatif Jabar menuturkan, wisatawan mancanegara (wisman) masih tertuju di wilayah Bandung Raya, yakni Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Cimahi, KBB


BANDUNG - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) dan Ekonomi Kreatif Provinsi Jawa Barat menuturkan, wisatawan mancanegara (wisman) kerap tertuju pada wilaya Bandung Raya, yakni Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Cimahi, KBB. Selain itu, wisatawan asing pun mulai melirik tempat-tempat wisata Pangadaran di Ciamis dan Puncak di Bogor.

"Saat ini, wilayah Sukabumi Selatan juga mulai dilirik. Seperti Pantai Cimaja yang digunakan untuk surfing," ungkap Kepala Disparbud dan Ekonomi Kreatif Jabar Herdiwan Iing Suranta kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

Namun, pihaknya menilai potensi pariwisata kurang ditunjang dengan tempat-tempat menginap. Padahal, rata-rata belanja turis mancanagera mencapai US$ 500.

"Kalau wisatawan asal Eropa dan Amerika sih, masih sebentar menginapnya tapi kalau wisatawan asal Timur Tengah biasanya tinggal sekitar satu bulan,” bebernya.

Sedangkan dari asal negara wisman, wisatawan asal Malaysia masih mendominasi sebagai wisatawan manca negara yang tingkat kunjungannya paling tinggi. Sebab, akses transportasi dari Malaysia ke Indonesia sudah terbuka lebar.

"Paling banyak wisatawan asal Malaysia, jumlahnya sekitar 200.000 orang," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Jawa Barat masih relatif kecil sekitar 500.000 orang. Jumlah tersebut masih jauh dibandingkan dengan target nasional kunjungan wisawatan sebesar 700.000 orang.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular