Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Khamis, 16 Jun 2011

Bocah 2 Tahun Candu Rokok Sejak Usia 4 Bulan

Irul (26 bulan) balita asal Kota Pasuruan saat kebiasaan buruknya mengisap merokok, Rabu (15/6).





SURYA - Setelah Sandi, bocah 4 tahun asal Malang yang tahun lalu diberitakan kecanduan rokok, kini muncul Choirul Anam. Choirul yang biasa dipanggil Irul baru berusia 26 bulan atau 2 tahun 2 bulan. Namun, ketika memegang sebatang rokok dan mengisapnya, gaya Irul sudah mirip orang dewasa —menunjukkan bahwa ia sudah terbiasa menghisap barang yang mengandung nikotin itu.

Putra ketiga pasangan (alm) Asmad dan Salamah (27), warga Jl Hangtuah Gang Nanas No 3, Kel Ngemplak, Kec Gadingrejo (Kota Pasuruan) ini mulai kecanduan rokok sejak usia empat bulan. Kini, dalam sehari bocah itu tidak bisa untuk tidak merokok. Ia bisa menghabiskan tiga batang rokok.

Menurut Abidin Slamet (51), kakek Irul, kebiasaan merokok cucunya diawali dari ketertarikan Irul terhadap rokok yang ditinggalkan kakeknya. Tanpa sepengetahuan si kakek, Irul mengambil rokok yang ditinggal dalam kondisi menyala.

“Rokok itu saya tinggalkan saat mandi. Nggak tahunya, rokok itu diambil dan diisap Irul. Saat saya minta, ia malah marah-marah,” ujar Abidin Slamet, yang sehari-hari bekerja sebagai penjual daging ayam potong di Pasar Besar Kota Pasuruan.

Selanjutnya setelah itu, Irul sulit dicegah untuk tidak merokok. Ia kemudian menjadi biasa, dan bahkan kecanduan. Karena itu, di waktu-waktu tertentu ketika sudah tak bisa menahan diri, Irul memaksa meminta rokok. Malahan, ketika dilarang menyalakan rokok, ia pernah berani melawan kakeknya dengan menghunus-hunuskan pisau daging.

Pihak keluarga pernah membawa dan memeriksakan Irul ke puskesmas di dekat tempat tinggalnya. Puskesmas menyarankan agar perhatian Irul terhadap rokok dialihkan dengan memberinya iming-iming berupa permen atau makanan ringan lain. Namun, upaya ini tidak berhasil. Setelah permen habis, tetap saja Irul meminta jatah rokok kepada kakeknya.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular