Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Sabtu, 3 November 2012

2.158 mahasiwa asing terdata di Medan

MEDAN - Jumlah mahasiswa  asing yang menimba ilmu di Kota Medan  saat ini tercatat lebih kurang 2.158 orang. Mereka tersebar di sejumlah perguruan tinggi negeri maupun swasta yang ada di ibukota provinsi Sumatera Utara.

Untuk itu mereka  diwajibkan segera melaporkan atau mendaftarkan dirinya ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) Kota Medan guna tertib administrasi kependudukan sesuai UU No.23  tahun 2006. Dipastikan pada saat melaporkan atau mendaftar diri, mahasiswa asing tidak akan dipersulit sedikitpun.

Hal ini terungkap ketika Walikota Medan, Rahudman membuka sosialisasi pelayanan dokumen kependudukan asing dan sistem layanan dokumen pelajar asing  berbasis website, hasil  kerjasam Pemko Medan dengan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan di Hotela Santika Dyandra Medan, hari ini.

Dijelaskan Rahudman, keberadaan orng asing di Kota Medan saat ini cenderung  semakin  meningkat, baik menetap untuk kegiatan ekonomi maupun menuntut ilmu di berbagai universitas yang ada. Namun dari segi administrasi kependudukan dan catatan sipil, ternyata masih relatif banyak yang belum melapor atau mendaftarkan diri ke Disduk Capil Kota Medan. Salah satu pemicunya akibat ketidaktahuan terhadap peraturan administrasi kependudukan.

“Untuk itu saya memandang sosialisasi yang digelar ini  menjadi begitu penting. Karenanya, saya minta kepada seluruh perserta bersungguh-sungguh mengikutinya sehingga dapat memahami tertib administrasi kependudukan dan catatan sipil untuk selanjutnya dapat diterapkan dengan baik,” kata Walikota.

Sosialisasi yang dihadiri ratusan mahasiswa asing ini menghadirkan sejumlah pembicara seperti Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Kementrian Kependudukan dan Kebudayaan Republik Indonesia diwakili Anak Agung Suryawati, Kapoldasu diwakili Kasi Yanmin Dit Intelkam Kompol L samosir, Kepala Kantor Imigransi Kelas I Khusus Medan Freiment FS Aruan, Kadisduk Capil Kota Medan Muslim Harahap dan Pembantu Rektor IV  USU Ningrum N Sirait.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular