Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Isnin, 26 November 2012

SBY: Tidak ada perpecahan kabinet

BOGOR - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membantah adanya perpecahan kabinet jelang akhir masa pemerintahannya.

"Itu dalam koordinasi di kabinet tak ada masalah, kabinet jalan semestinya," ujar Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha, di Istana Bogor, Jawa Barat, tadi malam.

Terlebih dengan laporan Sekertaris Kabinet Dipo Alam ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap tiga kementerian yang disebut-sebut adalah Kementerian Perdagangan era Mari Elka Pangestu, Kementerian Pertahanan, dan Kementerian Pertanian.

Julian menegaskan, tindakan Dipo dilakukan tanpa perintah presiden, sehingga tidak benar jika laporan Dipo didasari oleh konflik kepentingan Yudhoyono dengan tiga menteri tersebut. "Tak ada kaitan dengan kinerja kabinet," kata Julian.

Begitu juga dengan Dipo, lanjut Julian, tidak memiliki konflik kepentingan yang sama. "Terbukti ada sesuatu penyimpangan, maka akan diproses lebih lanjut. Tak ada subjektivitas oleh Pak Dipo Alam, lebih kepada bagaimana verifikasi. Menteri-menteri sadari ini tak subjektif, tak akan ada perpecahan," imbuhnya.

Sebelumnya, laporan Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam terhadap tiga kementerian Kabinet Indonesia Bersatu II dinilai mengakibatkan perpecahan kabinet.

"Perpecahan yang mungkin saja terjadi, bisa juga terjadi, tetapi apa yang dilakukan Dipo adalah kewajiban warga negara yang melihat penyelewengan hukum," ujar Anggota Watimpres bidang Hukum Albert Hasibuan, di kantor Watimpres, Jl. Veteran III, Jakarta.

Namun Albert meyakini, perpecahan kabinet yang terjadi tidak disebabkan oleh Dipo. "Perpecahan di kabinet bukan akibat tindakan Dipo."

Albert malah memuji tindakan pejabat setingkat menteri seperti Dipo melaporkan kementerian, dan mendorong menteri lain untuk mengikuti langkah Dipo. "Karena tindakan Dipo ini saya puji, kalau diikuti pejabat lain akan membersihkan aparat birokrasi," kata Albert.

"Saya menganggap bahwa tindakan sekretaris kabinet Dipo Alam, yang melaporkan langsung ke KPK suatu tindakan penyelewengan dan pelanggaran hukum dari beberapa pejabat kementerian, adalah tepat. Saya harapkan adanya pejabat-pejabat lain yang mengikuti tindakan sekretaris kabinet itu," tambahnya.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular