Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Jumaat, 16 November 2012

Kampung Aneh, Puluhan Tahun Warganya Hanya 26 KK


Kades Alean, As’ari saat bercengkrama dengan ketua RT Dusun Karang Kenek, Syaiful Arif di rumanya, Jumat (16/11).



SITUBONDO - Anda boleh percaya atau tidak, tapi itulah yang terjadi di Dusun Karang Kenek, Desa Olean, Kecamatan Situbondo, Jawa Timur.

Dusun yang terletak di tengah area persawahan itu, selama ini hanya dihuni sebanyak 26 kepala keluarga (KK).

Pasalnya, jika penduduk lebih dari 26 KK, maka warga yang baru menempati di dusun itu  akan meninggal dunia atau tidak kerasan lalu pindah ke tempat yang lain.

Ketua RT setempat, Syaiful Arif mengatakan, sejak dirinya menikah pada tahun 1980 lalu, jumlah kepala keluarganya yang ada di Dusun Karang itu tidak pernah bertambah.

“Saya heran, sejak dulu data yang ada di RT, penduduk di sini hanya 26 KK dan tidak pernah bertambah,” ujar Syaiful Arif saat ditemui Jumat (16/11).

Menurutnya, berdasarkan penuturan sesepuh dusun Karang Kenek ini, seperti dusun kutukan yang tidak mau dengan warga baru.

“Awalnya hanya ada dua rumah, tapi keturunannya tidak mau menempatinya. Rumah itu pernah dipindah, tapi pemiliknya malah menjadi gila dan rumahnya disuruh kembalikan ke tanah asal,” tutur pria yang sudah 32 tahun berdomisili di dusun yang ada di tengah areal persawahan itu.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Desa Olean, As’ari mengatakan pihak desa sudah sering kali mengadakan ruwatan bersama masyarakat setempat, namun mitos yang dialami warganya tetap tidak ada perubahan.
  
“Saya ingin KK di sini tidak hanya 26 saja, tapi ingin lebih banyak,” kata As’ari.

Peristiwa mitos yang dialami di Dusun Karang Kenek, kata As’ari, sebenarnya tidak lepas dengan keberadaan makam yang diyakini warga sebagai orang yang pertama kali membabat tanah di dusun tersebut.

“Biasanya setiap tahu selalu diruwat, tapi dua tahun ini diruwat oleh keturunannya,” pungkasnya.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular