Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Jumaat, 7 Disember 2012

Perjuangan Arisyanti, Guru di Desa Terpencil Bergaji Rp 200 ribu per Bulan


Sekolah Aristya mengajar

LAMPUNG - Aristya Lumban Tobing (25), adalah seorang guru SD di sebuah desa terpencil di Lampung Barat, Provinsi Lampung. Sebagai guru honorer, gajinya hanya Rp 200 ribu yang dibayarkan per tiga bulan. Itupun kadang waktu pembayarannya molor.

"Saya di gaji Rp 600 ribu per tiga bulan, itupun kadang telat 20 hari, bahkan lebih," kata Aristya, di sela-sela waktu mengajar, Jumat (7/12/2012).

SD Negeri 2 Wayharu merupakan tempatnya mengajar sudah dua tahun ini. Perempuan berjilbab ini memang bertempat tinggal tak jauh dari SD tersebut. Setiap hari dia ke sekolah dengan berjalan kaki.

SD Negeri 2 Wayharu terdiri dari 120 murid dengan 6 ruang kelas. Total guru ada 15 orang, dan 13 diantaranya masih bersatus honorer.

Jarak SD yang terletak di desa Pengekahan tersebut sekitar 4 sampai 5 jam perjalanan dengan sepeda motor ke kecamatan Bengkunat Belimbing. Padahal, siswa-siswi di SD ini harus berangkat ke sana untuk setiap masa ujian semester maupun ujian akhir nasional karena bahan soal yang tidak memadai.

Pantauan wartawan, setiap ruang kelas memiliki enam jendela berukuran 0,5x1 meter. Dindingnya terdiri dari tembok setinggi 1 meter, dan disambung dengan kayu ke atasnya. Meja dan kursinya terbuat dari kayu dan beberapa sudah mulai terlihat lapuk.

Kegiatan belajar mengajar di SD ini berlangsung pukul 8.00 WIB sampai 10.30 WIB. Tak jauh dari bangunan SD tersebut ada PAUD Sehati dan SMPN Satap 1 Bengkunat Belimbing yang kondisi bangunannya tak jauh berbeda.


PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular