Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Khamis, 31 Mac 2011

8.887 Pohon Mangga di Probolinggo Telah Dirusak Ulat Bulu


PROBOLINGGO: Ulat bulu yang menyerang sejumlah kecamatan di Kabupaten Probolinggo telah merusak 8.887 pohon mangga. Daun pohon ludes dimakan jutaan ulat yang telah menyerang hampir dua pekan ini.

"Data saya ada sekitar 8.877 pohon mangga yang diserang sejak 10 hari lalu," kata Kepala Dinas Pertanian Pemprov Jatim, Wibowo Eko Putro, saat dihubungi, Kamis (31/3/2011).

Pohon mangga yang rusak itu menurutnya berada empat kecamatan, Leces, Sumberasih,
Tegalsiwalan dan Bantaran. Keganasan ulat bulu itu tidak hanya merusak tanaman,
namun juga meresahkan warga setempat.

Sebab ulat yang jumlahnya sangat banyak itu juga menyatroni rumah penduduk maupun
tempat fasilitas umum, seperti mushola. Dinas Pertanian juga sudah melakukan upaya pembasmian dengan penyemprotan disinfektan.

Kondisi cuaca tak menentu di Tanah Air diduga kuat sebagai penyebab ulat bulu (desiciria inclusa) yang jumlanya mencapai jutaan ekor menyerang enam desa di lima kecamatan Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

"Ini kemungkinan besar, karena disebabkan oleh anomali cuaca," ujar Kepala Laboratorium Hama Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang Dr. Ir. Totok Himawan saat dihubungi melalui telpon genggamnya, Kamis (31/3/2011).

Dia menjelaskan, ulat bulu cepat berkembang biak sejalan dengan cuaca buruk terus terjadi. Para predator selama ini menjadi musuhnya, tidak mampu bertahan hidup dengan kondisi cuaca seperti itu.

"Ada namanya braconid dan apanteles, jenis predator yang biasa memangsa ulat bulu," terangnya.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular