Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Khamis, 31 Mac 2011

Wabak Malaria Serang Aceh Utara




ACEH UTARA: - Ratusan penduduk Kampung Cot Calang, Sawang, Aceh Utara terserang penyakit demam tinggal. Tiga diantaranya, telah dinyatakan positif terkena penyakit malaria, setelah darahnya diperiksa.

Menanggapi hal tersebut, pihak kesehatan dari Puskesmas Sawang turun tangan, mengobati sejumlah penderita dan mengantisipasi wabah malaria tersebut, agar tidak menyebar dengan penyemprotan racun hama.

Geucik Cot Calang, Abdul Manaf, mengatakan, sepekan ini wabah demam yang bisa jadi sebagiannya adalah gejala malaria, merambah kampungnya yang berpenduduk 220 kepala keluarga (KK) dan hampir mencapai seribu jiwa. “Mereka yang berobat ke Puskesmas adalah orang yang penyakitnya sudah parah,” ujarnya, malam ini.

Jarak Pukesmas yang terletak di pusat kota Kecamatan Sawang dengan jarak tempuh 10 km dari Cot Sawang, dan jalan yang masih tanah liat, sebagian kerikil dan sebagian lagi aspal rusak, merupakan beban berat bagi penduduk miskin setempat, yang harus bolak-balik pergi, dengan biaya transportasi Rp30 ribu.

Selama ini, sekitar 20 warga setiap bulan tidak bisa menghindari pergi ke Puskesmas guna berobat, karena penyakit yang dideritanya sudah parah. Penyakit yang mereka alami, dan sebagian lainnya berobat kepada mantri keliling. “Ini belum lagi masalah orang melahirkan, harus menggotongnya berkilo-kilometer, dan amat menyusahkan sekali,” ungkap Geuchik.

Menurutnya, dalam sebulan ini lebih banyak perempuan yang melahirkan dan membuatnya berpikir keras. Mengingat segala masalah itu, sudah seharusnya pemerintah membangun Pusat Kesehatan Masyarakat Desa (Puskesdes) di kampung setempat. “Kami sudah menyediakan tempat, tanah yang sudah bersertifikat,” ucap Manaf.

Masyarakat berharap, pemerintah kabupaten menanggapi desakan mereka, dan penduduk telah menunjukkan kesungguhan kepada pemerintah, sehingga soal lahan dan tempat tidak jadi masalah lagi. Pemerintah tinggal membangun dan menempati petugas kesehatan.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular