Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Ahad, 28 Ogos 2011

Lebaran, Uang Kiriman TKI Capai Rp800 Miliar



JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh. Jumhur Hidayat mengungkapkan, uang kiriman atau remitansi TKI pada Idul Fitri tahun ini mencapai lebih dari Rp800 miliar.

“Data BNP2TKI menyebutkan, TKI dari luar negeri yang mudik tahun ini berkisar antara 80 ribu sampai 100 ribu orang, dengan jumlah uang kiriman TKI mencapai Rp800 miliar lebih,” Jumhur menerangkan dalam rilisnya, Minggu, 28 Agustus 2011.

“Ada yang mengirim uang ke keluarganya lewat perbankan, membawa sendiri, menitipkan kepada temannya, atau melalui jasa kurir perorangan,” imbuh Kepala Pusat Penelitian dan Informasi BNP2TKI Benyamin Suprayogo.

BNP2TKI mencatat, remitansi atau angka pengiriman uang para TKI dari luar negeri per semester I tahun 2011 hingga Juni lalu sebesar US$3.340.908.140,22 miliar, atau setara dengan Rp28,5 triliun (dengan kurs 1 dolar AS = Rp8.500). Data itu, menurut Benyamin, bersumber dari catatan Bank Indonesia.

“Di luar catatan Bank Indonesia, tentu angkanya jauh lebih banyak, karena tak sedikit TKI yang mengirim uang ke kampung halaman mereka lewat perantara di luar jasa perbankan,” ujar Jumhur. Total remitansi TKI yang masuk ke Indonesia dalam setahun, ujar Jumhur, mencapai lebih dari Rp100 triliun.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular