Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Isnin, 29 Ogos 2011

Sebagian Warga Aceh Lebaran Hari Ini


MEULABOH - Sebagian warga di Provinsi Aceh Komunitas Habib Muda Seunagan, menetapkan hari pertama lebaran Idul Fitri 1432 H/ 2011 M, jatuh pada hari senin (29/8/2011) setelah berpuasa 30 hari penuh.

Pemuka Komunitas Habib Muda Seunagan Teuku Raja Kumbangan, SH, yang dihubunggi dari Melaboh, Minggu (28/8/2011) mengatakan, penetapan tersebut setelah melakukan isbath atau rapat penetapan dengan sejumlah pengemuka komunitas tersebut.

"Kita lebaran Idul Fitri karena telah menyelesaikan puasa Ramadhan selama 30 hari penuh dan keputusan ini juga setelah melakukan perundingan dengan seluruh pengemuka di kalangan kami," katanya.

Cucu kandung (Alm) Habib Muda ini menyatakan ritual keagamaan shalat Idul Fitri dilaksanakan di Mesjid tua Abu Habib Muda, Kecamatan Seunagan Timur yang menjadi khatib hari raya yakni mantan kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Nagan Raya H.Said Hamazali.

Disebutkan TRK, kecamatan tersebut merupakan induk penganut Abu Peulukung, sementara lebaran dan shalat Idul Fitri juga dilaksanakan diseluruh Provinsi Aceh, yang berpaham sama, seperti Aceh Barat, Aceh Jaya, Aceh Tenggah, Aceh Utara Aceh Selatan.

Lebih lanjut dikatakan, ritual ini sudah dilakukan secara turun temurun sejak 250 tahun silam di karenakan kakeknya selaku pencetus aliran tersebut merupakan salah satu pengemuka agama islam di Provinsi Aceh yang masyhur namanya sampai keluar Indonesia.

Buktinya, kata TRK mendiang mendapatkan penghargaan Anugrah Bintang Utama di Indonesia tahun 1999 yang diberikan Presiden SBY melalui Gubernur Aceh yang diterima langsung oleh ia sendiri di kota Madya Banda Aceh.

"Dasar kita adalah menjalankan perintah Allah SWT, sesuai dengan pengamalan guru kita terdahulu dan sampai saat ini kita masih menjalankan sesuai ritual yang beliu lakukan," tegasnya.

Komunitas ini, katanya selalu melaksanakan puasa Ramadhan dua hari lebih awal dari muslim lain didunia demi berhati-hati tidak kecolongan bilangan hari puasa, demikian halnya lebaran juga dua hari lebih awal karena telah menyempurnakan 30 bilangan hari puasa.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular