Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Selasa, 5 Februari 2013

Warga Kerinci Anggap Arwah Harimau Sahabat Nenek Moyang

KERINCI - Harimau Sumatera, bagi masyarakat Kabupaten Kerinci, Jambi, tak hanya satwa langka yang dilindungi pemerintah.

Masyarakat juga menganggap harimau sebagai hewan keramat yang dihormati. Hampir semua desa di Kabupaten Kerinci, memiliki cerita unik tentang hubungan manusia dengan si raja hutan.

Harimau dianggap memiliki kekuatan sakti, yang suatu saat bisa dimintai pertolongan. Di Desa Sungai Deras, Kecamatan Air Hangat Timur misalnya, masyarakat masih melakukan beberapa ritual kepada sang raja hutan.

Meski zaman sudah moderen, ritual-ritual adat dan kepercayaan masih tetap dijunjung tinggi. Seperti yang dilakukan belum lama ini, masyarakat setempat mengadakan ritual memberi makan harimau.

Sepintas, bagi orang yang tidak mengetahui asal-usul tradisi ini, menganggap sejumlah makanan yang diberikan, untuk harimau yang masih hidup.

Namun, sebenarnya masyarakat setempat menyiapkan aneka jenis makanan untuk arwah harimau, sahabat nenek moyang kampung mereka, yang masih dihormati.

Masyarakat setempat berkeyakinan, nenek moyang mereka saat masih hidup pada pertengahan abad ke-19 hingga permulaan abad ke-20, memiliki sahabat berupa seekor harimau Sumatera.

Keyakinan ini diwarisi secara turun temurun sampai saat ini. Setiap dua tahun sekali, tradisi ini tetap dilaksanakan masyarakat dalam rangkaian acara kenduri sudah tuai.

Masyarakat berkumpul di sebuah makam nenek moyang di atas bukit, dengan membawa sejumlah makanan, seperti nasi, telur dan sebagainya.

Setelah berkumpul, para petua masyarakat membaca Yasin dan Tahlil, dan ditutup dengan membaca doa. Setelah itu, makanan yang ada diberikan kepada seluruh masyarakat yang hadir.

"Selain sebagai salah satu wujud rasa syukur masyarakat telah melaksanakan panen, upacara ini dimaksudkan untuk meminta perlindungan kepada Tuhan, agar kampung mereka dijauhkan dari musibah dan sebagainya," ujar Superman, seorang tokoh masyarakat setempat.

Tak hanya di Desa Sungai Deras, warga Desa Semerah, Kecamatan Sitinjau Laut, juga sangat menghormati harimau. Beberapa harimau dianggap sebagai nenek (sosok gaib) yang memiliki kesaktian.

Di desa ini, setiap pemuda yang akan belajar ilmu silat, harus dilepas dengan membakar kemenyan putih, diiringi mantra-mantra untuk menghadirkan harimau, agar memberikan perlindungan saat pemuda belajar silat.

Bahkan, saat masyarakat Kerinci sedang menghadapi kesulitan, baik di hutan maupun di perantauan, mereka dianjurkan untuk membakar kemenyan putih, agar nenek (harimau) datang memberikan pertolongan.

Cerita harimau yang melekat dengan masyarakat Kerinci, juga sampai ke negeri Jiran Malaysia. Bahkan, pernah tersiar kabar ada warga Kerinci yang berubah menjadi harimau, saat berada di tahanan Kepolisian Malaysia. Itu sebabnya warga Kerinci di Malaysia cukup disegani.




PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular