Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Sabtu, 30 Julai 2011

Awal Puasa Jamaah An-Nadzir Bareng Muhammadiyah




GOWA - Jamaah An-Nadzir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, untuk Ramadhan tahun ini melaksanakan ibadah puasa sama dengan waktu yang ditetapkan Muhammadiyah yakni pada Senin, 1 Agustus 2011.

Hal ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dilakukan oleh jamaah yang identik dengan rambut gondrong pirangnya, yang biasanya lebih cepat sehari atau dua hari baik dari versi Muhammadiyah dan versi pemerintah.

Hal itu disampaikan oleh pimpinan Jamaah An-Nadzir, Ustadz Lukman A Bakti saat dihubungi wartawan, Sabtu (30/7/2011).

Menurut Ustadz Lukman, dari hasil metode hisab 1 Ramadhan yang dilakukan oleh tim An-Nadzir dengan menyaksikan bulan dan mengukur kadar pasang air laut di perairan Takalar, Sulsel, sebenarnya 1 Ramadhan sudah masuk pada hari minggu, 31 Juli.

Hanya saja waktu masuknya, terhitung mulai pukul 09.00 Wita, sehingga tidak menyempatkan para jamaah An-Nadzir untuk melakukan sahur.

"Jadi kami menentukan untuk puasa Ramadhan pada tanggal 1 Agustus, sehingga pada ramadhan ini kami hanya berpuasa selama 29 hari, karena satu harinya sudah terhitung setengah hari besok," ujar Ustadz Lukman.

Meski demikian, Ustadz Lukman tetap menganjurkan para jamaahnya untuk berpuasa pada hari minggu besok, untuk menyambut masuknya bulan suci Ramadhan. Aktifitas lainnya, seperti pengajian di surau juga tetap digalakkan.

Selain penampakan khas rambut panjang pirang bagi kalangan kaum prianya dan jilbab hitam dipadu cadar bagi kaum wanitanya, ratusan anggota jamaah An-Nadzir juga memiliki keistimewaan dengan hidup kolektif secara mandiri di kampung Mawang, Kec. Bontomarannu, Kab. Gowa, dengan bercocok tanam sendiri dan memelihara ikan untuk dikonsumsi oleh para jamaahnya.

Pemerintah sendiri belum menetapkan awal puasa tahun ini. Baru sore nanti Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat. Diprediksi Pemerintah juga akan menetapkan awal puasa pada 1 Agustus 2011.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular