Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Ahad, 16 September 2012

50 % Perempuan Indonesia Nikah di Bawah Usia 19 Tahun




MOROTAI - Pernikahan usia dini di Indonesia masih cukup tinggi. Sebanyak 50 persen perempuan di Indonesia menikah di bawah usia 19 tahun.

"Median pernikahan di Indonesia ada di angka 19,8 tahun. Artinya, 50 persen pasangan nikah ada di bawah usia 19 tahun, rata-rata perempuannya yang ada di bawah usia tersebut," ujar Deputi Bidang pengendalian penduduk Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Wendy Hartanto, di Morotai, Maluku Utara, Jumat (14/9/2012).

Wendy mengatakan, kebanyakan pernikahan usia dini berada di wilayah Jawa Timur. "Di daerah Tapal Kuda, Jawa Timur, banyak anak menikah di usia dini, bahkan ada perempuan yang berusia 13 tahun sudah memiliki dua anak," kata Wendy.

Dikatakan Wendy, penyebab banyak pernikahan usia dini disebabkan karena faktor budaya. "Ada yang masih beranggapan ketika sang anak mengalami menstruasi maka dia bisa dinikahkan, hal itulah yang menyebabkan pernikahan usia dini sangat tinggi," kata Wendy.

Untuk mengatasi tingginya pernikahan usia dini, kata Wendy, BKKBN akan terus melakukan sosialisasi kepada remaja dan orangtua. "Kami akan mengampanyekan GenRe (generasi berencana) kepada anak-anak sekolah, karena  ini menjadi permasalahan generasi muda," kata Wendy.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular