Nuffnang Ads

SAJIAN KAMI

BERITA-BERITA KASUS JENAYAH SEKSUAL DAN BERITA-BERITA SEMASA..

Ahad, 2 September 2012

Masuk SMP Siswa Muslim Wajib Bawa Sertifikat Bisa Baca Alquran





BANDUNG - Mulai tahun ajaran 2013, siswa muslim yang masuk ke SMP wajib bisa baca tulis Alquran. Para siswa harus menunjukkan sertifikat pendidikan Diniyyah Takmiliyah saat mendaftar. Aturan yang akan dituangkan dalam peraturan daerah tersebut tengah digodok DPRD Bandung.

"Nanti siswa SD yang daftar ke SMP harus memperlihatkan sertifikat bisa baca tulis Alquran," ujar Ketua Pansus VII DPRD Bandung Katmadja saat dihubungi melalui telepon, Sabtu (1/9/2012).

Siswa SD muslim di Bandung, nantinya saat kelas 2 hingga 5 wajib mengikuti pendidikan Diniyyah Takmiliyah. Namun, lanjutnya, bukan berarti si anak harus mengikuti pendidikan Diniyyah Takmiliyah selama empat tahun. "Jika memang dalam satu bulan dia sudah bisa, dia bisa berhenti. Dia akan mendapatkan sertifikat kelulusan nantinya," katanya.

Bagaimana jika ada siswa SD dari luar Bandung yang mendaftar SMP di sini? "Mereka juga nanti harus dites baca tulis Alquran saat daftar. Mekanismenya bagaimana, akan kita bahas nanti," ujar Katmadja.

Menurutnya kebijakan ini diambil karena keprihatinan dengan kondisi pelajar di Bandung yang masih banyak buta baca tulis Alquran. "Bahkan bukan hanya pelajar, orangtua juga banyak yang belum bisa baca juga. Dengan aturan ini, mudah-mudahan juga bisa memicu orangtua untuk belajar juga. Karena kan malu nanti ditanya anak, tapi enggak bisa," kata Katmadja.

Katmadja menjelaskan raperda soal ini ditargetkan disahkan pada awal Oktober nanti. "Mudah-mudahan langsung keluar perwalnya, sehingga tahun ajaran 2013-2014, sudah bisa diberlakukan," katanya.

PENCARIAN DIBLOG INI

Arkib Blog

Anda juga perlu baca

Related Posts with Thumbnails

Pengikut

Test for your internet speed

Ads

Catatan Popular